Rabu, 31 Desember 2014

Menggenggam 2014!



Pengalaman menjadi Juri Nasyid di 2014

Catatan ini adalah sebuah bentuk syukur dan sekaligus tolok ukur untuk apa saja yang telah dan belum saya capai. Tentu tahun yang lelah untuk sepanjang 2014 tapi sekaligus menyenangkan. Saya banyak bersyukur untuk kesemuanya itu karena ternyata hingga detik ini saya masih diamanahi hidup oleh Allah SWT yang itu artinya semoga setiap bulirnya akan menjadi detik yang berkesan.

2014..
Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, hingga pukul 12:57 WIB saat saya mencatat tulisan ini, saya belum mengoleksi satu bentuk penghargaan-pun berupa juara 1, 2 ataupun 3 dari berbagai lomba ber"piala" yang saya ikuti ditahun ini mulai dari lomba blog, lomba cerpen hingga lomba pidato Bahasa Inggris. Oh, sebagai catatan kecil, sebenarnya pada ajang lomba pidato saya mendapat peringkat pertama saat babak penyisihan namun harus berpuas duduk manis di posisi ke-empat untuk babak final. Baiklah!. Apakah lantas saya kemudian putus asa? Tentu.. atau barangkali Tidak. Saya memang terbiasa membentuk diri saya untuk "berpartisipasi" dan "mencari lagi" terutama pada ajang-ajang lomba yang sekiranya saya mampu. Tidak terkecuali dalam berbagai ajang berburu giveaway. Hingga ketika saya gagal pada satu ajang, saya tidak perlu sedih berlarut karena saya masih punya bayak stok harapan-harapan lain yang walau lebih banyak berstatus "ZONK" tapi paling tidak telah mampu membuat diri saya bersikap aktif berburu daripada sibuk tidur dan puas bermimpi. Saya akui, saya memang gila lomba, hadiah dan gratisan atau apapun itu yang pasti semoga sebisa mungkin tidak gila "asal" minta. Eh, ikut berburu giveaway itu harus berjuang dulu lho, share ini, klik itu, mention sini, dibully gara-gara menuhin beranda situ belum lagi saingannya banyak bukkk! :D :) ^^v

Lantas, apa yang paling berkesan dari 2014? Banyak!! 
Alhamdulillah di tahun 2014 ini saya bersama komunitas Sindikat Baca telah mampu menunaikan event belajar bersama tentang industri minyak dan gas di 20 titik Sekolah Dasar yang ada di wilayah operasi Exxon Mobil Cepu Limited (dalam event ini berlangsung dalam cakupan dua wilayah yaitu wilayah Bojonegoro-Tuban). Exxon Mobil Cepu Limited adalah sebuah perusahaan industri yang mengelola hasil bumi berupa minyak dan gas yang ada di Bojonegoro-Cepu-Blora dan Tuban. Sensasi menjadi MC dan sekaligus pendongeng selama event ini membuat saya semakin bersemangat. Belum lagi agenda makan-makan, melancong dan berburu sesi foto selepas event bersama tim Sindikat Baca seakan menambah keakraban kami yang memang serasa serasi dan begitu klop. Periode Maret-Oktober 2014 seakan begitu singkat untuk 20 titik yang mengesankan.

2014 juga telah menghantarkan saya bertemu seniman-seniman Bojonegoro terbaik yang tergabung dalam Orkes Keroncong Baru. Bapak Masnoen, Pak Muming, Mas Kuru, Mas Johan, Pak Eko Py, Mas Yoyok, Dek Nuril, Bryan, Devi dan Vindy adalah rekan sekaligus guru bernyanyi keroncong yang saya banyak belajar dari mereka. Alhamdulillah, bersama OKB saya mempunyai pengalaman mengisi acara menyanyi di HUT Bojonegoro 337 yang digelar di halaman Rumah Dinas Bupati Kang Yoto, mengisi acara dialog publik di aula Pemkab Bojonegoro dengan dihadiri menteri periode SBY, Hatta Rajasa. Bersama OKB saya juga tampil diagenda malam minggu DisBudPar yang di shooting live oleh TV lokal, juga lantas tampil di agenda halal bihalal PSJB, sebuah komunitas yang bergerak untuk melestarikan budaya dan Bahasa Jawa yang ada di Bojonegoro dan masih banyak lagi.

Selain bernyanyi, pengalaman MC yang begitu berkesan di tahun ini adalah MC di ajang lomba burung berkicau tingkat Jawa Timur-Jawa Tengah Bumi Damai Cup dan juga MC arisan ibu-ibu darma wanita KaLapas se-Jawa Timur. Berdiri di hadapan orang-orang penting, bersama orang-orang penting dan diperhatikan pula sebagai orang penting seakan menumpuk tanggung jawab mental yang besar.

Sebuah rentetan peristiwa yang mengesankan di 2014 juga terukir untuk jalin persahabatan bersama mbk Rizky yang telah menghadiahi saya liburan gratis di Batu Malang selama 3 hari 2 malam. Menjelajah Eco Park dan juga Jatim Park, sensasi memasak dan sholat jama'ah. Ah sungguh subhanallah mbk Rizky ini baik sekali. Saya sampai sungkan sendiri karena tidak tahu harus bagaimana membalas bentuk sayang beliau. Nuansa jalan-jalan dan agenda seru juga saya lakukan bersama Sindikat Baca yang akan saya ceritakan nanti di lembar lain pada blog ini mulai dari bermalam di Air Terjun Kerondonan, Sesi Foto di Wana Tirta Dander, menjelajah Cepu, menelisik Kedung Maor, berjemur di pantai, buka puasa di Alas Dander dan masih banyak lagi. Dilain sisi, bersama Tim Penghibur, saya kembali terhibur. Seusai wisuda kami tahun ini, kami berpetualang seru ke Solo dan akhirnya menuju Astana Giribangun yang ditutup perjalanan pulang melintasi Tawangmangu. Trenggalek menjadi pesona pantai berikut Salmon segarnya yang saya cecap di musim libur lebaran bersama pasangan saya, Arif Ar. hehe.

Bersama pemenang Nasyid, MTs N 1 Bojonegoro

Kira-kira apalagi ya yang telah saya capai di tahun 2014 ini? Sepertinya banyak sekali dan mustahil saya tulis secara runtut per episodenya. Yang pasti tahun ini ditutup dengan hal berkesan yang masih sangat sulit saya percaya bahwa saya akan segera memiliki cetakan buku kumpulan cerpen perdana saya, sebuah lagu dan video klip perdana saya dan sebuah pengalaman baru menjadi juri Nasyid tingkat Kabupaten Bojonegoro untuk AKSIOMA MTs se-Kabupaten Bojonegoro. Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar. Saya bersyukur untuk telah hidup, besar dan berkembang bersama orang-orang ajaib yang membuat saya berani bermimpi, mewujudkan dan semoga berani pula menanggung segala beban resikonya kelak. Semoga tahun depan akan semakin berkesan. Barakallah ya Rabb, aamiin-aamiin-Allahumma aamiin :) 

Ngomong-ngomong, lantas hal apa yang belum saya capai? Salah satunya soal pendidikan lanjutan di jenjang S2. Semoga bisa segera tercapai ya, begitupun segala mimpi yang lain. Barakallah untuk segala mimpi dan segala capaian kita. Semoga kita semakin giat bersyukur dan semakin penuh kobar semangat untuk selalu menjadi baru dan memperbarui keadaan. SemangArt!!!


3 komentar:

  1. Semoga 2015 akan lebih Banyak hal yg bisa di capai. Semangat Adek :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. begitupun mbk Wi' sekeluarga ya.. semoga lebih sukses. Barakallah :)

      Hapus