Sabtu, 05 Oktober 2013

Jalan-Jalan Santai? Yuk ke TPK Bojonegoro!



Di Bojonegoro kota, adakah tempat pelepas penat yang pas? Yang tidak memerlukan waktu jarak tempuh terlalu jauh? Yang luas, yang cocok untuk sekedar tempat nongkrong bersama teman, jalan-jalan santai atau bahkan bersepeda ria? Jawabannya ADA!

Tidak perlu terlalu jauh menempuh jarak menuju Khayangan Api, Waduk Pacal ataupun Kebun Blimbing beserta pesona Bendungan Geraknya hanya untuk mendapatkan nuansa santai dengan pemandangan yang mendamaikan. Karena memang untuk mencapai tempat-tempat wisata semacam itu, dibutuhkan waktu khusus seperti hari libur untuk benar-benar mampu mengecap sensasi nyamannya, sedang dalam hal ini waktu kita terbatas. Terbatas pada jam pulang kerja, sekolah, kuliah yang selalu saja saling kejar antara siang menuju sore. Terbatas pada hari esok yang tengah menanti dengan segudang aktifitas yang siap menyapa sebelum akhirnya benar-benar bertemu weekend. Lantas apakah untuk sekedar refreshing, kita harus selalu pasrah menunggu akhir pekan? Tentu itu tidak perlu terjadi karena menumpuk penat disaat esok masih ada sisa tugas yang perlu dituntaskan justru dikhawatirkan akan memperburuk performa kita.

Jadi bagaimana? Haruskah kita kembali memandang bosan the one and only tempat refreshing terdekat  pada sudut-sudut Alun-Alun Bojonegoro yang makin kian sesak ramai dan seakan sudah tidak memberi tempat lagi bagi kita untuk sekedar duduk santai? Ataukah kita kembali duduk pasrah sambil ngopay di Warung Kopi? Atau bahkan yang terparah adalah haruskah kita kembali pulang, menatap jajanan sinetron di TV, tidur dan mendapati esok dengan rutinitas yang begitu-begitu saja? Semoga saja tidak :) .Ya, semoga saja tidak. Karena dalam hal ini saya ingin menawarkan salah satu tempat di sudut Bojonegoro yang saat ini kita sadari atau tidak, tengah naik pamor. Dimanakah itu? Ini dia pict-nya:


Tepat sekali, Tempat Penimbunan Kayu atau biasa orang Jonegoro bilang TPK Bojonegoro yang terletak di Jalan Monginsidi, Desa Sukorejo, Kecamatan Kota Bojonegoro ini merupakan tempat penimbunan kayu milik Perum Perhutani II KBM Pemasaran Kayu Jatim II, Bojonegoro.  Luasnya mencapai 48 hektar, namun dengan lokasi seluas itu, tempat ini hanya merupakan lahan kosong dengan ratusan atau bahkan ribuan kayu bertumpuk yang tetap menampakkan kekhasan TPK yaitu dengan adanya puluhan pohon besar yang berdiri kokoh mengitarinya sehingga membuat TPK khususnya TPK Bojonegoro ini tampak asri dan rimbun.

Nah, lokasi yang dekat sekali dengan daerah perkotaan, kondisi lahan yang luas, asri dan rimbun inilah yang kemudian secara tidak sadar  menarik minat beberapa masyarakat Bojonegoro khususnya kalangan remaja untuk sekedar pergi bersantai menikmati sesi pemotretan atau sekedar melintas menikmati panorama di sela waktu senggang bersepeda. Ya, memang baru beberapa saja diantara masyarakat Bojonegoro yang mengetahui potensi dari TPK Bojonegoro. Oleh karenanya, tugas kita sekarang adalah mempromosikan TPK Bojonegoro sebagai salah satu tempat yang berpotensi besar bagi masyarakat Bojonegoro untuk melepas penat. 


Bagi saya, TPK Bojonegoro merupakan tempat yang cukup berpotensi untuk dijadikan kawasan taman hiburan terdekat di wilayah Kota Bojonegoro selain Alun-Alun Bojonegoro. Mengapa? Karena memang jangkauan lokasi, tata letak TPK Bojonegoro yang strategis (yaitu dekat dengan jalan utama, pasar dan masjid), sajian panorama dan menilik minimnya tempat bersantai di Bojonegoro menjadi alasan tersendiri mengapa TPK perlu mendapat perhatian khusus untuk dikembangkan oleh Pemerintah Bojonegoro sebagai salah satu tempat fasilitas masyarakat umum yang ada di Bojonegoro.

Sehingga nantinya, TPK Bojonegoro tidak hanya menjadi bangunan mangkrak yang hanya mampu menimbun kayu dan juga menimbun cerita misteri, melainkan diharapkan  untuk kedepannya TPK Bojonegoro juga akan dapat bermanfaat bagi masyarakat umum sebagai sarana tempat hiburan keluarga. Menilik potensi yang ada pada TPK Bojonegoro sendiri, dengan sedikit perawatan, TPK Bojonegoro ini dapat dijadikan salah satu tempat pilihan berolahraga mulai dari olahraga jalan santai, bersepeda ataupun kegiatan senam aerobic. Selain itu TPK Bojonegoro dengan segala kenaturalan dan keindahannya juga berpotensi menjadi tempat hunting foto terbaik yang dapat ditawarkan bagi pecinta dunia  fotografi. TPK Bojonegoro juga dapat ditawarkan sebagai salah satu tempat out bond bagi para pelajar untuk mengetahui apa saja kegiatan yang ada di dalam TPK Bojonegoro maupun Perhutani sehingga para pelajar dapat juga mengambil manfaat semisal untuk lebih membudidayakan pohon, cinta lingkungan, menjaga keasrian dan banyak hal lainnya dari kegiatan out bond tersebut. Saya berharap suatu saat nanti, TPK Bojonegoro dengan lahannya yang luas itu juga akan berkembang dengan tatanan yang apik, semisal dengan tersedianya bangku batang pohon bersusun sebagai tempat duduk, jalan setapak yang asri dan jauh dari rumput rimbun yang meninggi, berbagai koleksi jenis tanaman yang perlu dilestarikan, lapangan basket yang teduh, mading yang memuat pajangan hasil karya fotografi, salah satu tempat pagelaran seni bagi para seniman di Bojonegoro, atau bahkan menjadi salah satu tempat yang menyediakan jasa flying fox yang tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal, domestik, maupun asing untuk menyempatkan waktu berkunjung ke TPK Bojonegoro. Dengan adanya hal ini, diharapkan income Bojonegoropun akan turut terangkat. Demikian pandangan saya terhadap salah satu potensi lokal yang ada di Bojonegoro. Semoga artikel ini dapat menjadi salah satu bahan kajian dan tentu diharapkan akan bermanfaat bagi semua pembaca. Aamiin.

Jadi mulai sekarang, mari jadikan TPK Bojonegoro sebagai salah satu tempat favorit untuk bersantai :)
TPK Bojonegoro..Dekat-Mudah-Terjangkau. Salam Bojonegoro MATOH B)

6 komentar:

  1. It was nice to know about your city..keep going :)

    BalasHapus
  2. Waaa, cakep. (y)
    Wajar kalau menang. Selamat ya, Kakak. :D *peluk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiaaa... jadi meyong bingit nih :D
      Terimakasih ya dedek manis unyuku :* :*

      Hapus
  3. Oke lhooo ;-) congratz yaw... saya yang suka blusukan bakal datang ke TPK Bojonegoro nih!
    Visit also my travel blog at thepersonaltraveler.blogspot.com ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduu bikin ngiri lihat keseruan trav di blog-nyeeeee...
      Sukses buat trav-nya ya. Ditunggu update moment trav-nya di Bojonegoro. Please welcome !! :)

      Hapus